Dana Pengadaan Buku Sangat Minim

MALANG – Anggaran pengadaan buku untuk perpustakaan di Indonesia ternyata sangat kecil dan berbanding terbalik dengan jumlah kebutuhan minat baca yang sebanyak 260 juta penduduk Indonesia.

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpustakaan Nasional Syarif Bando mengatakan, anggaran pengadaan buku tahun ini hanya sekira Rp50 miliar saja. Dengan uang sebesar itu, katanya, hanya cukup untuk pengadaan satu juta buku dengan asumsi harga buku Rp50 ribu.

“Sebanyak satu juta buku ini nanti akan disebar di 494 perpustakaan di tingkat kota atau kabupaten di seluruh Indonesia. Tetapi anggarannya sangat kecil dibandingkan jumlah penduduk Indonesia,” kata Syarif Bando saat berada di Malang, Selasa (26/5/2015).

Dengan kecilnya anggaran pengadaan buku ini, kata Syarif Bando, ada inisiatif dari pemerintah kota/kabupaten untuk meningkatkan pengadaan buku di daerah masing-masing serta meningkatkan minat baca warganya.

Minat Baca Rendah

Selain itu, perpustakaan nasional juga mendata rendahnya minat baca di tingkat nasional dan tidak lebih dari 10 persen tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia.

Syarif membandingkan dengan Singapura yang minat baca buku dan kunjungan perpustakaan sangat tinggi. Rendahnya minat baca di Indonesia, kata Syarif, disebabkan beberapa hal, seperti jarak ke perpustakaan yang jauh dan koleksi buku yang kurang.

“Kini, budaya masyarakat yang lebih suka mengunjungi pusat perbelanjaan dan hiburan daripada ke perpustakaan,” katanya.

Sumber: okezone.com

Leave a comment

Filed under Minat Baca, Pustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s