Anggaran Pengadaan Buku di Indonesia Rendah

Malang – Anggaran pengadaan buku di Indonesia disebut sangat rendah. Tahun ini, anggaran pengadaan buku sebesar Rp 50 Miliar, atau pengadaan buku sebanyak 1 juta eksemplar dengan asumsi harga buku sebesar Rp 50 ribu per buku.

“Pengadaan buku hanya 1 juta eksemplar. Padahal kebutuhan minat baca penduduk Indonesia ada 260 juta penduduk,” kata Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpustakaan Nasional, Syarif Bando di Malang, Selasa (26/5/2015).

Lebih lanjut Syarif menjelaskan, 1 juta eksemplar buku tersebut disebar di 494 perpustakaan tingkat kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. “Saat ini di Indonesia ada 508 kota dan kabupaten, 14 kota dan kabupaten masih belum memiliki badan perpustakaan,” tuturnya.

Dengan minimnya anggaran, Syarif berharap ada upaya lebih dari pemerintah kota dan kabupaten untuk meningkatkan pengadaan buku sekaligus minat baca. “Setiap Pemda harus mampu menggunakan sumber daya masing-masing kota dan kabupaten untuk mengembangkan perpustakaan,” tandasnya.

Sumber: beritajatim.com

Leave a comment

Filed under Pustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s