Rumah Pintar Nelayan di Desa Teluk, Rangsang Anak-anak Untuk Membaca

Rumah Pintar Nelayan di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten yagg dibangun oleh TNI-AL menjadi perangsang warga Desa Teluk, khususnya anak-anak dalam membaca. Hal tersebut dibuktikan dengan tingginya pengujung yang datang ke tempat tersebut.

Wakil kepala Seskoal TNI AL Laksamana Pertama Djoni Galaran, saat menyerahkan bantuan buku untuk rumah pintar nelayan di Desa Teluk beberapa waktu lalu. foto : yas/indopos

Penjaga di Rumah Pintar Nelayan, Rosikin mengatakan, setiap harinya pengunjung cukup banyak, baik dari warga Desa Teluk sendiri maupun dari luar Desa. Adapun warga pengunjung itu mulai dari anak sekolah tingkat Sekolah Dasar sampai orang dewasa.Untuk rumah pintar senditi beroperasi selama 24 jam, dan dibuka untuk umum.

“Tidak hanya untuk warga Teluk, melainkan yang dari luar juga banyak. Karena memang ini diperuntukan bagi semua warga, jika

ingin membaca atau mencari referensi buku,”katanya kepada wartawan,Senin (25/5).

Rosikin menjelaskan, aktivitas yang dilakukan dirumah pintar tersebut, bukan hanya untuk pembaca buku bagi pengunjung saja. Tetapi selepas Magrib, ada kegiatan pengajian ibu-ibu dari warga sekitar.

“Kalau pagi hari biasanya anak-anak kecil yang datang kesini. Apalagi sekarang anak Sekolah Dasar (SD) mulai memasuki masa libur, pagi sampai siang hari biasanya selalu ramai, bahkan sampai sore ini selalu penuh, ditambah lagi kalau sore hari banyak anak-anak SMP,”ungkapnya.

Ia menambahkan, fasilitas seperti buku bacaan dan komputer yang memiliki jaringan internet bisa dimanfaatkan. Jadi setiap warga yang berkunjung ke rumah pintar ini, ketika membutuhkan buku bacaan atau mencari referensi sudah tersedia.

“Pengujung rumah pintar nelayan ini, tidak dipungut biaya alias geratis. Jadi siapapun boleh mencari pengetahuan dengan membaca dirumah pintar ini,”katanya.

Sekertaris Desa Teluk, Kecamatan Labuan Untung Nuridin mengatakan, adanya rumah pintar nelayan tersebut sangat banyak memiliki manfaat. Sebab disana warga atau anak-anak bisa memanfaatkan fasilitas yang ada dengan membaca buku atau mengakses internet.

“Minat baca warga saya sekarang ini mulai tinggi, karena mereka juga mulai antusias untuk memanfaatkan rumah pintar itu. Mudah-mudahan kedepan semangat warga dalam membaca ini lebih tinggi lagi,”tuturnya.

Sukri warga setempat mengatakan, adanya fasilitas tersebut cukup membantu bagi warga sebab banyak anak-anak ahirnya bermain di rumah pintar itu dengan membaca buku. “Dari pada anak-anak main tidak jelas, dengan adanya rumah pintar ini anak-anak bisa membaca buku ditempat tersebut,” katanya.(yas)

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s