Manuskrip Kuno Negarakertagama dan Babad Dipanegara Jadi Warisan Dunia

JAKARTA, Dua manuskrip kuno Indonesia ditetapkan menjadi warisan ingatan dunia (Memory of the World / MoW) oleh UNESCO. Kedua manuskrip kuno tersebut adalah Kitab Negarakertagama dan Babad Dipanegara.

UNESCO sebenarnya telah menetapkan kedua manuskrip tersebut sebagai MoW pada 2013 lalu. Namun, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sebagai pihak yang mengusulkan manuskrip tersebut pada UNESCO baru mengungkapkan pada media, Senin (25/5/2015). Hal ini ditandai dengan penyambutan piagam naskah Negarakertagama dan Babad Dipanegara sebagai MoW di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.

Piagam penghargaan diserahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan kepada Kepala Perpustakaan Nasional Sri Sularsih.

Ketua Memory of the World (MoW) Indonesia Bambang Subiyanto menjelaskan pihaknya telah mengusulkan naskah kuno tersebut pada UNESCO pada 2008 silam. “Ini adalah hasil dari upaya panjang kami sebagai lembaga pengusul agar peninggalan kuno berupa manuskrip sejarah ini mendapatkan pengakuan dunia,” katanya, Senin (25/5/2015).

Dia menjelaskan, manuskrip kuno seperti Negarakertagama dan Babad Dipanegara perlu dijadikan MoW karena keberadaannya yang terancam punah. Selain itu perlu dijaga dan dilestarikan karena mengandung nilai sejarah bangsa Indonesia.

Negarakertagama ditulis oleh Mpu Prapanca pada daun lontar. Ditulis tanpa tinta, melainkan menggunakan sejenis pisau yang ditorehkan ke daun. Negarakertagama berisi kesaksian pemerintah Majapahit pada masa Raja Hayam Wuruk di abad ke-14.

Sementara itu Babad Dipanegara berisi biografi yang ditulis oleh Pangeran Diponegoro selama masa pengasingannya di Sulawesi Utara (1831-1832). Babad Dipanegara adalah sebuah dokumen pertama dalam sastra jawa modern yang memperlihatkan kepekaan yang mendalam pada kondisi dan keadaan lokal masa lalu.

Sumber: pikiran-rakyat.com

Leave a comment

Filed under Pustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s