Kepala Perpusnas: Menumbuhkan Budaya Baca Harus Dimulai dari Keluarga

Jakarta – Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Sri Sularsih mengatakan, upaya membudayakan membaca harus dimulai dari keluarga sebagai lingkup terkecil di dalam masyarakat. Kegiatan membaca ini perlu dibiasakan sejak masih dini.

“Menumbuhkan minat baca semestinya memang dimulai di dalam keluarga. Sejak dini, anak-anak harus sudah mulai dibiasakan mendengarkan cerita dan juga membaca cerita,” ujar Sri, di gedung Perpusnas, di Jakarta, Senin (25/5).

Di samping keluarga, peran satuan pendidikan juga sangat strategis dalam upaya memupuk kebiasaan gemar membaca. Caranya, dengan penugasan-penugasan membaca. “Di negara-negara maju, ada program wajib membaca mulai dari anak-anak SD. Program ini harusnya juga kita contoh,” ujarnya.

Perpusnas, menurut Sri, memiliki tugas memfasilitasi agar keluarga di Indonesia mau membiasakan diri membaca. “Kita berupaya memberikan stimulan dengan mengembangkan perpustakaan desa dan memberikan bantuan buku ke perpustakaan tersebut, agar masyarakat yang ingin membaca bisa ke situ,” ujarnya.

Dari sekitar 70.000 desa yang ada di Indonesia, menurut Sri, saat ini sudah ada sekitar 23.000 desa yang telah memiliki perpustakaan. “Kita juga memberikan bantuan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) kepada 600 perpustakaan provinsi dan kabupaten/kota,” katanya.

Sumber: beritasatu.com

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s