Jemput Bola Peminjam Buku, Perpusda Siapkan ‘Mulan Jamila’

YOGYA – Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Yogyakarta bakal meluncurkan program baru pada Juli atau usai lebaran. Program tersebut dinamakan mengantar buku andalan jaminan kepuasan layanan pustakawan atau disingkat Mulan Jamila.

“Singkatannya memang agak dipaksakan, namun kami berharap layanan ini bisa mudah diingat oleh masyarakat,” kata Kepala Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, Minggu (24/5/2015).

Wahyu menambahkan, layanan tersebut diluncurkan karena kondisi perpustakaan yang sudah semakin padat dari hari ke hari. Sehingga pengunjung dimungkinkan merasa tidak nyaman dengan kondisi tersebut. Oleh karena itu, imbuhnya, perlu dilakukan terobosan layanan guna memecah keramaian pengunjung. “Bukannya kami tidak senang dengan banyaknya pengunjung yang datang. Namun, keterbatasan tempat di perpustakaan perlu disikapi agar pengunjung tetap nyaman,” imbuhnya.

Meski demikian, layanan Mulan Jamila tersebut hanya berlaku untuk anggota Perpusda Kota Yogyakarta. Hal ini guna menjamin pengembalian buku yang dipinjamkan. Maksimal buku yang dapat dipinjam pun hanya dua eksemplar dengan masa pinjam hingg satu pekan dan dapat diperpanjang.

Untuk mengakses layanan Mulan Jamila, imbuhnya, anggota Perpusda Kota Yogyakarta dapat berinteraksi dengan pustakawan secara online. Setelah pada jam-jam luang, petugas akan mengantarkan buku tersebut ke alamat peminjam. “Semua kami berikan secara gratis. Peminjam yang minta diantarkan bukunya tidak perlu mengeluarkan uang karena sudah kami tanggung semuanya,” tandas Wahyu.

Terkait ketersediaan personel untuk mengantarkan buku, menurut Wahyu, tidak akan menjadi kendala. Pihaknya sudah mempertimbangkan secara matang sebelum memutuskan layanan pengantaran buku bagi peminjam. Apalagi, proses pengantaran dilakukan pada jam kosong atau waktu luang petugas.

Wahyu mengatakan, tidak ada batas jarak maksimal bagi pengantaran buku. Selama anggota Perpusda masih dalam area Kota Yogyakarta maka petugas akan mendatangi secara langsung. “Tapi kalau untuk pengembalian buku harus dilakukan sendiri oleh peminjam. Mulan Jamila hanya mengantarkan saja,” terangnya.

Sumber: krjogja.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s