Perpustakaan Daerah Terkendala Jaringan Internet dan Daya Listrik

TARAKAN. Kemegahan gedung dengan berbagai jenis fasilitas yang lengkap di Perpustakaan Daerah yang terletak di Jalan Sei. Sesayap, saat ini masih memiliki kendala untuk kenyamanan para pengunjungnya, yakni pada persoalan jaringan internet yang masih lemah serta terbatasnya daya listrik.

Dijelaskan Staf Pelayanan Perpustakaan Daerah, Hakim, jumlah pengunjung di gedung baru dibandingkan saat di gedung lama di Jalan Jenderal Sudirman mengalami peningkatan. Jika di gedung lama tercatat rata-rata hanya 30 kunjungan dalam sehari, di gedung baru ini mencapai 100 kunjungan per hari. Dari jumlah pengunjung tersebut, 50 persennya memanfaatkan jaringan internet untuk kepentingan browsing. “Tapi jaringan masih sangat lemah, ini membuat ketidaknyamanan pengunjung, mereka sering mengeluh karena selalu gangguan, meski koleksi buku lebih banyak dibanding yang di gedung lama,” kata Hakim.
Untuk itu, jelasnya, pihaknya akan berupaya meningkatkan kualitas jaringan ini secara perlahan-lahan yang disesuaikan kapasitas anggaran. “Ini menjadi bahan evaluasi Perpustakaan Daerah, untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung,” ujarnya.
Mengenai keterbatasan daya listrik, dampaknya beberapa ruangan tidak dilengkapi mesin pendingin ruangan. Menurut Hakim, ini karena anggaran yang dimiliki masih merupakan anggaran saat di gedung lama.
Sementara itu, saat ini jumlah buku yang dimiliki mencapai 15 ribu judul. Tiap tahun diharapkan jumlah ini terus bertambah untuk memenuhi kapasitas yang disediakan. “Saat ini kami selalu menerima bantuan hibah buku dari berbagai pihak maupun masyarakat, sebagai penambah koleksi,” jelasnya.
Rencananya pada 2016, akan ditambah 1.000 judul buku dari alokasi anggaran yang disediakan. “Banyak masukan agar buku-buku kesehatan diperbanyak lagi, ya mungkin buku-buku jenis ini akan turut diperbanyak,” ujarnya. (gun/ash/jpnn/nin)

Sumber: sapos.co.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s