Berdagang Jamu Tradisional Sambil Perpustakaan Keliling

Beginilah aktifitas Muhammad Fauzi setiap paginya. Pria yang akrab dipanggil Fauzi ini, sudah harus bersiap-siap berkeliling ke lokasi pabrik-pabrik sejak pagi untuk menjual jamu tradisional. Berbeda dengan pada umumnya penjual jamu keliling sambil memutar lagu-lagu dangdut atau makanan. Fauzi berjualan jamu sambil membawa buku-buku bacaan yang diletakkan di rak yang bersebelahan dengan jamu yang siap diminum ini.

Fauzi memilih membawa puluhan buku yang bisa dipinjam oleh pembeli secara gratis untuk dibaca sesukanya. Ia pun berkeliling sampai ke beberapa pabrik sekitar tempat tinggalnya mulai pagi hingga sore.

Pekerjaan yang sudah digeluti Fauzi selama tiga tahun ini dengan cara menunggu para karyawan pabrik saat jam berangkat, jam istirahat dan jam pulang kerja. Aneka macam koleksi ia bawa untuk memanjakan para pelanggan. Mulai cerpen, buku-buku keagamaan hingga buku-buku sains atau teknologi. Apa yang dilakukan Fauzi hanya untuk memberi motivasi kepada warga untuk senang membaca meski tidak harus pergi ke perpustakaan.

“Buku-buku ini bisa memfasilitasi mereka, bisa dibaca di tempat,” kata penjual jamu keliling, Muhammad Fauzi.

Bagi pelanggannya yang kebanyakan adalah buruh dan karyawan pabrik. Apa yang dilakukan fauzi sangat membantu untuk bisa terus membaca, sekaligus bisa menyehatkan badan dengan meminum jamu tradisional. Tak hanya membawa buku yang ditata rapi di rak jamu namun Fauzi juga mencoba menitipkan beberapa buku yang dibelinya dari pasar loak ke warung-warung yang biasa jadi tempat perlintasannya.

Dalam upaya menginginkan masyarakat dan anak-anak gemar membaca, ia juga memanfaatkan bangunan poliklinik desa yang berguna, dimanfaatkan untuk perpustakaan. Hanya satu motivasi Fauzi yaitu agar warga lebih menggemari budaya membaca dan memudahkan orang lain untuk membaca dengan tidak harus menuju perpustakaan yang semakin hari semakin langka ditemui.

Sumber: surabayanews.co.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s