Pustaka Unri-BPAD Riau Jalin Kerja Sama

PEKANBARU – Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Riau Drs Yoserizal Zen, mengagumi perkembangan sistem informasi dan manajemen ICT perpustakaan yang dimiliki Universitas Riau (Unri).

Selain itu, pihaknya akan mengadopsi beberapa sistem IT yang dimiliki oleh pustaka Unri ke Pustaka Soeman HS.

“Perpustakaan Unri mampu mengembangkan sistem ICT dengan biaya yang terbatas dan  fungsionalnya cukup baik,” jelas mantan Kepala Biro Humas Pemprov ini saat berkunjung ke Perpustakaan Unri, Kamis (21/5).

Ia akan menerapkan formulasi terbaru yang di Pustaka Soeman HS dalam pengembangan ICT perpustakaan. “Karena dengan fasilitas yang disediakan oleh pustaka ini juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung untuk membaca di sini.

Terkadang ada juga pustaka yang aman tetapi tidak nyaman bagi pengunjung. Dengan fasilitas yang disediakan Pustaka Unri cukup memberikan masukan untuk diterapkan,” katanya.

Selain itu, pihaknya akan menindaklanjuti rencana kerja sama antara Unri dengan BPAD Riau.

“Dalam waktu dekat ini kita akan segerakan penandatanganan kerja sama tersebut untuk meningkatkan jumlah pengunjung, agar mahasiswa tidak lagi kesulitan dalam melakukan registrasi, kita akan meminta database jumlah mahasiwa,” sebut Yoserizal.

Dikatakannya, pihaknya mencari masukan-masukan bagaimana pilihan terbaik dalam pengembangan ICT perpustakaan untuk dikembangkan di Perpustakaan Wilayah Soeman HS.

Sementara itu, Kunjungan Kepala BPAD Riau disambut oleh Kepala Perpustakaan Unri Agus Sutikno. Ia sangat apresiasi atas kunjungannya ke Perpustakaan Unri dan merupakan penghargaan yang besar atas kunjungan ini.

“Kami sangat berterima kasih dan merupakan penghargaan atas kunjungan ini,” jelas Agus.

Agus segera menindaklanjuti rencana kerja sama yang dirintis sebelumnya. Rencana kerja sama antara Perpustakaan Unri dengan BPAD Riau sudah lama direncanakan, namun terkendala karena Kepala BPAD Riau belum definitif.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat kita realisasikan,” sebutnya.

Pola kerjasama yang ditawarkan adalah, mahasiswa unri akan otomatis menjadi keanggotaan Pustaka Wilayah Soeman HS.

“Ini akan kita terapkan bagi mahasiswa angkatan 2013, di mana KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) bisa digunakan di Pustaka Wilayah. Jadi mereka tidak perlu mendaftar lagi, karena database kita yang kita kirim ke sana,” paparnya.(*2)

Sumber: riaupos.co

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s