Pengunjung Mbludak, Gedung Perpustakaan Perlu Pengembangan

YOGYA – Perpustakaan Kota Yogyakarta yang berada di Jalan Suroto Kotabaru semakin tak representatif. Hal ini lantaran pengunjung yang terus bertambah sementara kapasitas gedung tidak segera dikembangkan.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko membenarkan hal tersebut. Rencana pengembangan gedung perpustakaan berupa Detail Engineering Design (DED) sebenarnya sudah siap. Namun alokasi anggaran pembangunan masih belum disediakan.
“Dalam DED gedung baru, rencananya akan dibangun empat lantai dengan satu lantai basement untuk parkir. Harapan kami memang segera terwujud guna mewadahi masyarakat agar semakin nyaman di perpustakaan,” papar Wahyu di sela peringatan Hari Arsip Nasional, Rabu (20/5/2015).

Jam layanan Perpustakaan Kota Yogyakarta sebenarnya juga sudah cukup luas. Yakni sepanjang hari mulai pukul 08.00 hingga 24.00 WIB. Sedangkan khusus untuk layanan sirkulasi buku hanya dibatasi hingga pukul 20.00 WIB.

Sembari menunggu pengembangan gedung, pihaknya juga melakukan sejumlah pergeseran fungsi ruang. Salah satunya ruang pegawai pustakawan yang disulap menjadi ruang diskusi bersama antar pembaca. “Kami harus mengalah dulu karena minat masyarakat ternyata sangat tinggi. Ruang-ruang yang memungkinkan untuk digunakan pembaca, akan kami relakan,” terangnya.

Selain kapasitas gedung, fasilitas bagi pengunjung juga mulai dikeluhkan. Wahyu menerangkan, banyak pengunjung yang meminta akses percepatan internet. Hal ini karena layanan pengguna internet terus melonjak sehingga kecepatannya semakin berkurang. Padahal bandwidth yang sudah disediakan cukup besar mencapai 12 mega bytes per second (Mbps).

Tempat duduk yang disediakan untuk mengakses internet gratis sebenarnya cukup banyak mencapai 60 kursi. Namun penggunanya selalu selalu melebihi jumlah tempat duduk sehingga banyak yang rela lesehan di ruang baca hingga di tangga. “Semakin banyak pengguna yang mengakses jaringan internet, maka kecepatan jaringannya bisa turun. Kami harap, pengunjung bisa memahami hal itu, namun pemerintah juga akan tetap mengupayakan perbaikan layanan,” katanya.

Sumber: krjogja.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s