Kota Modern Seharusnya Tersedia Perpustakaan Kota

SOLO Pemerintah Kabupaten Karanganyar harus memiliki konsep yang jelas tentang kota modern. Konsep itulah yang menjadi dasar pengembangan wilayah Colomadu.

Pakar perencanaan kota dan wilayah dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Ir. Kusumastuti M.U.R.P. mengungkapkan kota modern adalah sebuah kota yang bisa memberikan banyak nilai tambah bagi masyarakatnya dengan memperhatikan kearifan lokal.

“Bentuknya tergantung karakter lokalitasnya,” jelasnya saat ditemui Solopos.com di kediamannya, Banyuanyar, Solo, Rabu (20/5/2015).

Sebenarnya saat ini, kata Kusumastuti, pengembangan wilayah yang lebih pas adalah menciptakan kota cerdas ataupun kota yang adaptif terhadap perubahan. Yaitu sebuah kota yang bisa menyadarkan warganya untuk berpikir tentang masa depannya, lebih peduli kepada diri dan lingkungannya. Kota modern juga harus mampu menyediakan banyak lapangan pekerjaan bagi warganya sehingga kehidupan warga semakin sejahtera.

Oleh karena itu jika wilayah Colomadu akan dikembangkan menjadi kota modern, terangnya, Pemkab Karanganyar harus memiliki konsep yang jelas tentang kota modern. Menurutnya, kota modern bukan sekadar kota yang di dalamnya banyak terdapat hotel dan pusat perbelanjaan. Kota modern adalah kota yang membuat warganya semakin cerdas.

Menurutnya, dalam sebuah kota modern seharusnya tersedia perpustakaan kota yang bisa menjadi sarana penduduk untuk belajar banyak hal. Bahkan di negara-negara maju lainnya, perpustakaan itu bisa digunakan sebagai tempat untuk belajar secara mandiri. Perpustakaan juga didesain menjadi tempat yang nyaman untuk berdiskusi bagi warga.

“Selama ini banyak orang ketika berdiskusi pilih ke kafe karena memang tidak ada ruang publik yang nyaman,” katanya.

Pembentukan taman kota, terangnya, harus ada dalam sebuah kota modern. Selain menjadi ruang hijau, taman kota juga berfungsi sebagai tempat rekreasi keluarga. Transportasi umum yang nyaman, tepat waktu dan mudah diakses, juga bagian dari sarana kota modern yang harus dipenuhi. Jika hal itu terpenuhi, harapannya orang akan lebih senang menggunakan transportasi umum daripada transportasi pribadi.

“Dengan demikian polusi udara akan berkurang, kemacetan di jalan berkurang dan angka kriminalitas menurun,” jelasnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan, ungkapnya, yaitu masalah penanganan limbah, sanitasi dan drainase yang layak. Hal itu sebagai bagian dari kepedulian manusia terhadap lingkungannya.

Camat Colomadu, Sri Suboko menerangkan kota modern yang akan diwujudkan di Colomadu bukanlah sebuah kota gemerlap yang mewah. Tapi sebuah kota yang tetap memperhatikan kearifan lokal dan membuat warganya semakin bertanggung jawab.

Sumber: solopos.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s