Baca Buku Berbagi Ilmu

APABILA perempuan lain lebih tertarik untuk membelanjakan uangnya membeli perhiasan, baju, atau beragam pernik lain. Faridah justru lebih senang menggunakan uangnya untuk membeli buku.

Pemilik perusahaan agen property Era Nusa di Samarinda ini mengatakan, jika ada waktu luang, selalu dihabiskannya dengan membaca.

Perempuan kelahiran Samarinda, 29 November 1968 ini mengoleksi ratusan buku. Suaminya, Aldy Elen pun menghargai hobi sang istri. Bahkan, kata Faridah, suaminya sengaja membuat sebuah rak buku khusus untuk menyimpan kumpulan bukunya.
Berkat kegemarannya membaca berbagai buku, Faridah mengaku menambah tahu banyak hal.
“Informasi yang saya dapat kadang saya bagi kepada orang di sekeliling saya. Misalnya, saya membaca soal manfaat buah-buahan bagi kesehatan, nah, informasi itu yang saya bagikan kepada teman-teman. Sering kali mereka protes karena saya terlihat menggurui. Tapi ‘kan buat kebaikan bersama,” ucapnya tersenyum.
Dia menceritakan, hobinya membaca cerita detektif ternyata terbawa sampai di kehidupan nyata. “Kadang jadi seperti detektif, saya jadi hobi beranalisis dengan suatu kasus. Tapi jatuhnya malah sok tahu,” selorohnya.
Saat ini buku yang dibacanya bisa dibilang “cukup ringan”. Dulu dia terbiasa melahap berbagai kisah tentang detektif, biografi seorang tokoh, atau beragam buku tentang dunia medis. Namun Faridah kini lebih sering membaca majalah Intisari, National Geographic serta Reader’s Digest.
Dia berharap, kelak jika pensiun dari pekerjaannya sebagai broker property saat ini, Faridah dapat berbagi ilmu yang dimilikinya untuk sesama.
“Saya ingin membuat semacam perkumpulan dengan teman-teman saya. Di sana nanti semua bisa berbagi ilmu dan keahlian yang mereka punya, jadi tetap bermanfaat. Buat apa punya banyak ilmu tapi tak bermanfaat,” kata Faridah.

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

