Penghargaan KCKR 2015 : Rangsang Kepedulian Insan Penerbit/Pengusaha Rekaman

Jakarta—Sebanyak 20 penerbit dan pengusaha rekaman mendapatkan penghargaan khusus atas kepatuhannya mengirimkan segala terbitannya kepada Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional Sri Sularsih di Ruang Teater Perpusnas, (19/5). Bahkan, satu diantaranya, yaitu PT. Elex Media Komputindo dikukuhkan menjadi ‘Sahabat Perpustakaan’ oleh Perpusnas.

Kepala Perpusnas Sri Sularsih mengatakan penghargaan yang diberikan Perpusnas adalah bentuk apresiasi untuk para penerbit./pengusaha rekaman yang taat menjalankan amanah Undang-undang Nomor 4 Tahun 1990 tentang Serah Simpan Karya Cetak Karya Rekam (KCKR), baik itu penerbit/pengusaha dalam negeri maupun luar negeri.

Sejauh ini, Perpusnas masih terus melakukan sosialisasi pentingya setiap KCKR yang telah terbit di pasaran untuk disimpan di Perpusnas. Meski upaya tersebut belum maksimal seratus persen, tapi Perpusnas mengharapkan Undang-undang tersebut dipahami dan dijalankan oleh para penerbit/pengusaha rekamanan sebagaimana mestinya. “Bangsa yang maju adalah bangsa yang menghargai karya cetak dan karya rekamnya yang merupakan hasil intelektual bangsa,” kata Kepala Perpusnas Sri Sularsih saat seremoni penghargaan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perpusnas ikut menyoroti kondisi perbukuan di Indonesia. Menurutnya, perkembangan perbukuan amat tergantung pada industri penerbitan. Daya beli masyarakat terhadap buku belum memuaskan karena sebagian besar menganggap harga buku di pasaran masih terlalu mahal. Akibatnya, masyarakat dan pecinta mesti merogoh kocek yang dalam untuk membeli buku. Apalagi saat ini, berkembangnya era digital. Industri perbukuan harus mampu bersaing dengan era digital tanpa harus mematikan era digital.

Pemberian penghargaan KCKR 2015 adalah jalan pembuka bagi para penerbit maupun pengusaha rekaman untuk menjalin kemitraan dengan Perpusnas agar setiap pelaku industri buku/rekaman menyerahkan segala terbitannya kepada negara. Jika ini disadari betul oleh mereka, tentu mempermudah tugas Perpusnas dalam menghimpun dan melestarikan hasil karya cetak dan karya rekam. Kesadaran dan upaya yang sama telah dilakukan sejumlah oleh negara-negara maju sejak lama.

Berikut nama-nama penerima penghargaan KCKR 2015 :

1. PT. Elex Media Komputindo
2. ANDI
3. Tiga Ananda
4. PT. Ganesindo
5. PT. Penebar Swadaya
6. Bestari Buana Murni
7. Kawan Pustaka
8. Bestari Kids
9. Universitas Negeri Yogyakarta
10. Universitas Negeri Airlangga
11. Universitas Negeri Malang
12. PT. Haluan Sumbar Mandiri
13. Yayasan Penerbit Galura Bandung
14. Penerbitan Sarana Bobo, PT (Gramedia Majalah)
15. Djaka Lodang PRess, PT
16. Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi
17. BPS Jakarta
18. Bank Indonesia (Sulawesi Selatan)
19. PT. Nagaswara Sakti
20. PT. Alunan Ritme Suara

Sumber: pnri.go.id

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s