HUT ke-35 Perpusnas : Menuju Indonesia Gemar Membaca dan Semarak Perpusnas Expo 2015

Jakarta—Pertunjukkan Rampag Kendang, kesenian Palang Pintu khas Betawi dan pelepasan balon ke udara menjadi bagian dari seremoni pembukaan pameran Perpusnas Expo 2015 dalam rangka HUT Perpustakaan Nasional ke-35 oleh Kepala Perpustakaan Nasional Sri Sularsih, (18/5). Halaman parkir dan loby Gedung Perpustakaan Nasional disulap dengan tampilan panggung seni, aneka stand pameran perpustakaan dari sejumlah kementerian/lembaga, penerbit buku, unit perpustakaan keliling, aneka jajanan/kuliner dan bazaar produk.

Kepala Perpusnas Sri Sularsih mengatakan tingkat kesejahteraan masyarakat maju dilihat dari kualitas sumber daya manusianya, yang salah satunya bisa dicapai melalui kegemaran membaca. Kenapa membaca menjadi bagian dari standar kesejahteraaan hidup masyarakat karena didalam aktivitas tersebut masyarakat dipacu untuk memiliki kemampuan literasi yang baik. “Jika kualitas literasi masyarakat sudah teruji, maka informasi dan ilmu pengetahuan bisa mudah terserap untuk diaplikasikan dalam segala bidang profesi, yang ujung-ujungnya kualitas sumber daya manusia meningkat dan otomatis berdampak pada kesejahteraan,” ujar Kepala Perpusnas saat membuka Perpusnas Expo 2015.

Tema Wujudkan Indonesia Cerdas Melalui Gemar Membaca adalah sebuah cita-cita sekaligus alert (peringatan) bagi semua karena kebiasaan membaca perlahan mulai surut dan beralih kepada kebiasaan pandang-dengar (audio visual). Pergeseran tersebut sudah terasa di lingkungan keluarga yang semestinya menjadi fondasi awal yang kuat dalam penumbuhan kebiasaan membaca sejak dini.

Perpustakaan selama 35 tahun berdiri terus berupaya menunjukkan peran dan kiprah untuk membawa masyarakat menuju kecerdasan yang hakiki. Masyarakat harus mengingat kalau perpustakaan merupakan salah satu pilar strategis dalam upaya tersebut. Perpustakaan tidak selalu mengedepankan fungsi informasi, pendidikan, penelitian, referensi, dan sarana rekreasi sarat ilmu tapi juga mengemban misi ‘Ayo Membaca’, karena tidak ada bangsa besar manapun di dunia tanpa kegemaran membaca masyarakat didalamnya. Perpustakaan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi sebagai bahan pembelajaran melalui bahan pustaka sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Perpustakaan adalah wahana belajar sepanjang hayat!.

Tahun 2015 adalah tahun pertama pelaksanaan RPJMN Tahap III (2015-2019). Dan selama rentang waktu Rencana Strategis (renstra) Perpusnas 2010-2014, sejumlah capaian menujukkan bukti bahwa 1) minat dan kegemaran membaca masyarakat terus meningkat; 2) intensitas dan diversifikasi layanan perpustakaan berbasis TIK di seluruh Indonesia terus dikembangkan; 3) kualitas, kuantitas dan kapasitas segala jenis perpustakaan (sekolah, perguruan tinggi, Lapas, ponpes, rumah ibadah, pelabuhan-perikanan, komunitas, dan taman baca) makin membaik; dan 4) segala koleksi karya tulis, KCKR yang merupakan hasil karya intelektual bangsa untuk pengembangan Iptek terus diberdayakan dan dijaga kelestariannya.

Upaya mewujudkan Indonesia Cerdas melalui Gemar Membaca secara runut disampaikan Kepala Perpusnas memuat enam misi besar, antara lain 1) mewujudkan koleksi nasional yang lengkap dan mutakhir; 2) diversifikasi layanan perpustakaan berbasis TIK terus dikembangkan; 3) pemanfaaatan perpustakaan terus diperluas jangkauan agar masyarakat lebih mudah menggunakan; 4) menciptakan tenaga perpustakaan yang berkompeten dan profesional; 5) intensitas dan kualitas sosialisasi, promosi, dan pemsayarakatan gemar membaca terus digalakkan; dan 6) mengembangkan infrastruktur Perpustakaan Nasional yang modern. Target- target yang dirumuskan Perpusnas tersebut sesuai ke dalam struktur pembangunan Nawa Cita era Presiden Jokowi hingga 2019.

Saat ini, Perpusnas sedang mengembangkan pembangunan fasilitas layanan perpustakaan berstandar internasional yang akan menjadi salah satu ikon kebanggaan Nasional. Bangunan berlantai 27 dengan 3 basement yang berada di Jalan Merdeka Selatan Nomor 11, ditargetkan Kepala Perpusnas akan rampung pada pertengahan 2016 mendatang.

Merayakan HUT ke-35 Perpusnas, diselenggarakan Perpusnas Expo 2015 bertemakan ‘Perpustakaan dan Seni’. Perpusnas Expo akan memamerkan sejumlah koleksi yang berkadar nilai intelektual dan kekhasan tinggi seperti manuskrip, buku langka, lukisan dan partitur musik. Selain itu juga, Perpusnas Expo menggelar kontes menyanyikan lagu keroncong yang sudah dilupakan masyarakat, lomba transliterasi naskah, penampilan kesenian tradisional kolintang dan rampag kendang serta perlombaan edukasi lainnya.

Tidak kurang dari 40 stand perpustakaan dari kementerian/lembaga, seperti perpustakaan Bank Indonesia, perpustakaan MPR/DPR, PDII-LIPI, perpustakaan LAPAN, perpustakaan BSN, perpustakaan Kementerian Perdagangan, perpustakaan Kementerian Perindustrian, perpustakaan Kementerian Sosial, perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, perpustakaan Kota Makassar, perpustakaan Kab. Batubara, UPT Perpustakaan Bung Karno (Blitar), dan UPT Perpustakaan Bung Hatta (Bukittinggi), para penerbit buku, festival kuliner, dan bazaar produk turut memeriahkan semarak Perpusnas Expo yang berlangsung dari tanggal 18-21 Mei 2015.

Semarak Perpusnas Expo 2015 juga menggelar talkshow Perpusnas bersama sastrawan kondang Asma Nadia, dan Tere-Liye, pemutaran film nasional, pemberian penghargaan khusus bagi insan penerbit KCKR yang secara aktif menyerahkan terbitannya kepada Perpusnas dan penyerahan piagam Memory of the World (MoW) dari UNESCO atas karya maha agung Babad Dipanegara dan Negarakertagama sebagai warisan dunia dalam bentuk manuskrip/naskah kuno. Penyerahan piagam dilakukan pada 25 Mei yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan Anies Baswedan, Prof, DR.Ing Wardiman Djojonegoro, dan Prof, DR. Arif Rahman.

Sumber: pnri.go.id

Advertisements

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s