Peringati Hari Buku, Ada Perpustakaan Jalanan Sepanjang 200 Meter

POLEWALI MANDAR, Peringatan Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei dirayakan komunitas anak-anak muda di Polewali Mandar, Sulawesi Barat dengan cara membuka perpustakaan jalanan. Perpustakaan itu berjajar sepanjang 200 meter lebih di Pambusuang, Kecamatan Balanipa.

Untuk memancing minat baca masyarakat, komunitas anak-anak muda di kecamatan balanipa Polewali Mandar meminjam ribuan koleksi buku dari para dermawan dan pencinta buku untuk mendirikan perpustakana jalan yang bisa diakses siapa saja tanpa harus menjadi anggota.


Konsep ini sengaja dipilih demi memudahkan akses warga untuk ambil bagian dalam peringatan ini. Ribuan koleksi buku yang dipinjam dari para dermawan dan pegiat pencinta buku, dipajang dan dipersembahkan untuk siapa saja yang ingin membacanya.

Aneka koleksi buku, mulai dari buku pelajaran sekolah, aneka resep makanan, buku agama dan kebudayaan, serta sejumlah buku literatur politik nasional, semuanya bisa dibaca dan dinikmati pengunjung.

Warga tak perlu menjadi anggota atau mendaftarkan diri untuk bisa membaca buku-buku itu. Warga pun menyambut antusias pembukaan perpustakaan jalanan ini. Terbukti, sejak dibuka Sabtu kemarin, ada ribuan warga datang silih berganti untuk membaca buku.

Dahri Dahlan, penggagas perpustakaan jalanan ini menyebutkan perpustakaan tersebut sengaja dibuka di pinggir jalan, juga untuk memancing minat baca warga. “Kita berharap dengan perpustakaan jalanan ini warga bisa menimba beragam ilmu lewat buku. Kita berharap perpustakaan jalan yang bisa diakses siapa saja, bisa memancing minat masyarakat untuk gemar membaca,” ujar Dahri.

Sayangnya, perpustakaan jalanan yang mengoleksi rubuan buku ini hanya akan dibuka untuk satu minggu ke depan.

Sumber: kompas.com

Leave a comment

Filed under Pustaka

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s