Perpustakaan Sintong Bingei Punya Koleksi Buku dari Zaman Belanda

MEDAN – Perpustaakan Sintong Bingei milik pemerintah Kota Pematangsiantar memiliki koleksi buku langka dari jaman Pemerintahan Kolonial Belanda. Buku-buku ini tampak tersusun rapi di salah satu lemari di ruang referensi perpustakaan yang berada di Jalan Merdeka, Kamis (14/5/2015).

Buku-buku ini memiliki sampul berwarna hitam dan disusun rapi menurut tahun di terbitkanya buku ini. Buku tertua yang di terbitkan berjudul Staatsbalad Nederlandsch-Indie yang diterbitkan di Batavia oleh penerbit Landsdrukkrij tahun 1889.

M. Purba Kepala seksi pelayanan perpustaakan Sintong Bingei mengatakan bahwa koleksi buku dari jaman belanda ini berjumlah 275 Judul. “Buku-buku dari jaman kolonial belanda ini jumlahnya 275 judul, yang tertua tahun 1889,” ujarnya.

Ia menuturkan bahwa buku-buku ini mereka simpan di ruang khusus dan lemari khusus dan tidak bisa dipinjam. “Buku-buku ini kita simpan di lemari khusus yang ada di ruang referensi karena tidak bisa dipinjam selain karena langaka, buku-buku ini juga sudah rentan sobek,” ujarnya.

Ia menuturkan bahwa yang kerap membaca buku ini adalah dosen-dosen dari luar. “Yang baca buku ini seringan dosen-dosen, ada yang dari jakarta dan kadangbada juga dari luar negeri yang datang,” ujarnya.

Sumber: tribunnews.com

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s