Mayoritas Orang Indonesia Tak Pernah Membaca Buku

Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) Sri Sularsih mengungkapkan minat baca masyarakat di Indonesia masih sangat rendah jika dibandingkan dengan negara lain.
“Rata-rata orang Indonesia membaca nol sampai satu buku setiap tahun, sementara di negara maju minimal membaca 20 buku per tahun.”

“Di negara lain, Amerika misalnya, dalam satu tahun rata-rata warganya membaca 20-50 buku per tahun dan Jepang 20-30 buku per tahun, sementara di Indonesia hanya berkisar antara nol sampai satu buku pertahun,” ungkapnya, di sela-sela Pengukuhan Pengurus Daerah Gerakan Permasyarakatan Minat Baca (PD-GPMB) Sulsel Periode 2015 – 2019 dirangkaikan acara bincang-bincang tentang “Minat Baca”, di Makassar, Selasa (12/5/2015).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa 91,68 persen masyarakat Indonesia lebih menyukai menonton televisi dan hanya 17 persen yang suka membaca. Menurut Sri, berdasarkan penilaian UNDP, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia berada pada peringkat 108 dari 187 negara. Indonesia lebih tinggi dari Myanmar, Laos, Kamboja, Vietnam, dan Filipina. Tapi jika dibandingkan dengan Singapura, Brunai, Malaysia, dan Thailand, Indonesia jauh tertinggal.

“Indonesia harus bekerja keras lagi untuk mencerdaskan masyarakat, perpustakaan adalah sarana pembelajaran sepanjang hayat, dan membaca akan memperluas wawasan dan mendorong kreatifitas,” ujarnya.

Sementara, Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, mengatakan, melihat rendahnya minat baca masyarakat, bisa membuat Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Sulsel bisa menciptakan momentum tepat untuk menunjukkan eksistensi dalam peran perpustakaan untuk mencerdaskan masyarakat.

Perpustakaan, kata Agus, menjadi sarana terbaik bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dan bahan bacaan berkualitas tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

“Tugas kita, bagaimana mendekatkan buku bacaan dengan masyarakat, khususnya di daerah terpencil dan susah terjangkau,” kata Agus. (Antara)

Sumber: suara.com

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s