Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan di Abdya Gelar Lomba Bercerita

Dalam rangka memperingati Hari Perpustakaan Nasional RI Ke-35, sebanyak 36 peserta dari Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) mengikuti lomba bercerita tingkat Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang diselenggarakan Kantor Perpustakaan setempat, Rabu (5/8/2015).


Dari sembilan kecamatan di Kabupaten Abdya, setiap kecamatan diundang untuk mengirimkan peserta sebanyak 4 orang perwakilan dari SD/MI yang masih duduk dibangku Kelas V untuk mengikuti lomba bercerita yang berlansung selama dua hari sampai besok, Kamis (6/8/2015).

“Untuk meningkatkan kemampuan bercerita, tentunya anak-anak harus banyak membaca buku untuk bisa mengetahui alur cerita dan sekarang anak-anak SD sudah sangat bagus menyampaikannya,” kata Kepala Perpusatakaan Abdya, Dra Ida Aryati diruang kerjanya.

Untuk peserta yang mendapat juara 1 lanjut Ida, akan dikirim ke tingkat Provinsi untuk mengikuti lomba yang sama, selanjutnya jika kembali meraih juara akan diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti lomba bercerita tingkat Nasional.

Dikatakan Ida, bagi para juara yakni mulai dari juara 1, 2 dan 3 akan mendapatkan piagam termasuk uang pembinaan.

“Kita melakukan kegiatan ini sebagai bentuk dukungan untuk mensukseskan hari perpustakaan nasional yang setiap tahunnya rutin kita lakukan,” ungkapnya.

Adapun tujuan terlaksananya kegiatan ini, lanjut Ida, untuk menumbuhkembangkan budaya gemar membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, membangun pendidikan berkarakter dan peningkatan rasa persatuan dan kesatuan.

Kepada anak-anak tingkat SD/MI akan terbiasa membaca buku-buku cerita budaya daerah (lokal) yang isinya mengandung nilai-nilai kepahlawanan dan misi membangun pendidikan karakter, termasuk kecintaan akan budaya nusantara.

Sebelumnya, Staf Ahli Bidang Kesejahteraan dan Keistimewaan Setdakab Abdya, Rajuddin, pada saat membuka acara tersebut, mengapresiasi terlaksananya kegiatan itu, menurutnya, kegiatan itu, bukan hanya meningkatkan minat baca saja, namun juga akan memberikan semangat bagi seorang peserta yang membawa alur ceritanya dengan baik.

Selain merupakan agenda rutin dan berjenjang hingga tingkat Nasional, lomba ini, kata Rajuddin, penting untuk mengabadikan cerita rakyat yang berkembang di masing-masing daerah sebagai tema lomba.

untuk itu, Rajuddin berharap, melalui lomba ini menghilangkan ketergantungan anak-anak pada media  audiovisual.

“Saat ini kebanyakan anak-anak kita lebih suka menyaksikan audiovisual daripada membaca, sehingga melalui lomba ini diharapkan anak-anak beralih jadi suka membaca dan terus membaca,”  demikian paparnya.

Sumber: acehterkini.com

Leave a comment

Filed under Minat Baca

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s