Judul Asli: Wow, Skripsi pun Jadi Inspirasi untuk Berbisnis

JAKARTA – Inspirasi dalam memulai sebuah bisnis sukses bisa datang dari mana saja. Mulai dari kegemaran, ketakutan, rasa peduli, rasa penasaran, hingga skripsi orang lain. Tidak percaya? Inilah yang dialami pendiri Misterblek Kopi, Basri Adhi.


Pengalaman ini diungkapkan Basri dalam acara Studium Generale Pembekalan Pra Wisuda di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Darmaga, kemarin. Dia menyebutkan, formula terbaik usaha yang digelutinya saat ini tercetus setelah mempelajari skripsi salah seorang mahasiswa Teknologi Pertanian IPB.

“Kalau kalian ingin mendapatkan ide-ide kreatif, silakan datangi perpustakaan. Seluruh skripsi di perpustakaan IPB dapat menjadi peluang usaha,” tutur Basri, seperti dikutip dari Siaran Pers yang diterima Okezone, Rabu (19/12/2012).

Setelah lulus kuliah, Basri mencoba peruntungan dengan bekerja di bidang Jurnalistik dan berhasil. Mantan Redaksi Buletin Katalis Fakultas Teknologi Pertanian IPB itu pun memulai karier di koran nasional. Selama hampir 10 tahun berkarir di media nasional dan mencapai posisi General Manajer Marketing, Basri pun berganti haluan.

“Saya capai jadi pengawai dan ingin memulai usaha sendiri. Saya pun mencoba berbagai bisnis. Dari mulai ternak bebek, membuat majalah sendiri dan sebagainya, namun tidak bertahan lama alias gagal total,” lanjut Alumni Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB itu.

Tidak menyerah, Basri pun mendulang sukses dengan usaha Misterblek Kopi. Berkaca dari pengalaman itu, dia mengimbau kepada para lulusan yang ingin menjadi wirausahawan, agar berlatih sejak dini. Bila perlu, para wisudawan baru membuat resolusi hidup atau cita-cita sehingga para wisudawan mempunyai tujuan dan mimpi yang jelas.

“Setiap kita ingin mewujudkan mimpi besar, kita pasti akan terhubung dengan mimpi-mimpi kecil orang lain. Ini akan memperkuat mimpi kita dan membantu mewujudkan mimpi orang lain,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Pengembangan IPB Hermanto Siregar menambahkan, wirausaha berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi negara. Maka, dia berharap, sebanyak 10 persen alumni IPB dapat menjadi entrepreneur.

“Jika 10 persen saja alumni IPB menjadi wirausahawan tentu efeknya luar biasa. Mereka dapat membantu beban pemerintah dengan membuka lapangan kerja baru,” urai Hermanto.

Sumber: okezone.com

One thought on “Pemilik Misterblek Kopi, Basri Adhi: “Kalau kalian ingin mendapatkan ide-ide kreatif, silakan datangi perpustakaan”

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s