Bandung – (Senin, 05.03.2012) Sejumlah mahasiswa,di kota Bandung, Jawa Barat, memiliki pekerjaan sampingan, selain menjalankan kewajiban, menempuh kuliah di kampusnya. Pekerjaan yang cukup menyita waktu tersebut, tak lain adalah sebagai relawan, membacakan, buku pelajaran non braille, bagi murid dan guru, khususnya penyandang cacat tunanetra, Wiyata Guna, Kota Bandung. Meski tidak dibayar, dan bukanlah pekerjaan yang muda. Karena apa yang dilakukan mahasiswa ini, dirasakan sangat membantu, untuk mudah dipahami, saat materi bacaan buku dialihkan menjadi teks atau tulisan braille.
Erik tidak sedang memberikan kuliah, melainkan membacakan sebuah buku kepada seorang penyandang tuna netra. Kegiatan membacakan buku-buku non-braile, dilakukan sejumlah mahasiswa relawan seperti Erik kepada penghuni Panti Tuna Netra Wiyata Guna Bandung.

Walau hanya membaca ternyata tidak mudah dilakukan. Apa yang disampaikan para relawan ini, haruslah benar-benar dimengerti dan dipahami oleh para murid, agar tidak salah persepsi.

Simak saja cara Agatha, mahasiswa semester delapan, jurusan pendidikan luar biasa (PLB), ini, membantu membacakan sebuah buku non braille. Sedangkan pelajar penyandang tuna netra mencatatnya ke dalam tulisan braille.

Meski pekerjaan ini tidak dibayar, namun para mahasiswa ini dengan senang hati melakukan tugas ini. Sambil menyelam minum air. Selain dapat membantu orang yang membutuhkan, mereka juga mendapat pengetahuan dari buku yang mereka baca.

Sumber: hindosiar.com

Advertisements

One thought on “Relawan Membaca Bagi Penyandang Tuna Netra

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s