Minat Baca Warga Kota Padang Meningkat

PAYAKUMBUH, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Payakumbuh terus meningkatkan jumlah koleksi bukunya pada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sumber Ilmu. SKB yang berada di salah satu Mall di Pusat Kota Payakumbuh ini dalam upaya meningkatkan minat baca warga kota.

Selain itu, Taman Bacaan yang berada di lantai II Ramayana Payakumbuh tersebut juga dilengkapi 1 unit komputer lengkap dengan jaringan internet dengan menggunakan koneksi Jaringan Pendidikan Nasional (Jardiknas). Sehingga pengunjung atau anak sekolah yang ingin mencari tugas sekolah dapat dibantu oleh petugas penjaga taman bacaan ini.

Kepala SKB Tavril Samry mengatakan Rabu (8/5), taman bacaan Sumber Ilmu ini satu-satunya taman bacaan yang ada di Mall pada pusat perbelanjaan. Diharapkan sarana ini dapat dimanfaatkan warga kota untuk meningkatkan pengetahuan dan minat baca.

“TBM Sumber Ilmu hadir semejak tahun 2011 lalu terus menunjukkan jumlah pengunjung yang terus meningkat, dari data yang kita miliki tercatat jumlah pengunjung, bulan Januari 553 orang, Februari 557 orang dan bulan Maret sekitar 687 orang. Jumlah judul buku setiap waktunya terus kita tambah, saat hingga ada sekitar 1300 judul buku yang kita miliki,” ujarnya.

Dikatakan, kehadiran taman bacaan ini juga diharapkan bisa mengurangi ketergantungan kalangan remaja dan pelajar yang lebih cenderung menghabiskan waktu di warnet. Ke depan minat baca warga kota diharapkan terus meningkat. Dari kunjungan perhari sekitar 30 orang, dengan koleksi berbagai macam jenis, filsafat, ilmu sosial, teknbologi, olahraga, koran dan majalah. Dengan koleksi buku yang disediakan diharapkan dapat memancing pengunjung lainnya untuk datang ke TBM ini.

Selain bisa membaca di Taman Bacaan ini, pangunjung yang telah terdaftar juga dapat meminjam buku untuk dibawa pulang. Untuk warga yang ingin meminjam buku untuk dibawa pulang, harus mendaftar menjadi anggota dan menyerahkan foto kopi KTP serta membayar Rp. 5.000. Sedangkan untuk pelajar cukup menyerahkan foto kopi kartu pelajar ditambah uang pendaftaran Rp.2500.

Pengelola TBM Sumber Ilmu mengaku sengaja membuka taman bacaan di pusat perbelanjaan, karena pusat belanja salah satu tempat yang cukup ramai dikunjungi berbagai kalangan. Sehingga dapat membantu meningkatkan minat baca masyarakat. Dari 1300 judul buku yang tersedia, pengelola TBM mengaku masih kekurangan buku, dari jumlah idealnya sekitar 5000 judul buku. Pihaknya mengaku terus berupaya menambah jumlah koleksi buku di tempat ini.

Sumber: posmetropadang.com

About these ads

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s