Mengelola Taman Bacaan Masyarakat Sesungguhnya

Peresmian program Jogja Night Reading Perpustakaan Kota Yogyakarta, Kamis (14/03/2013) malam ini dilanjutkan dengan diskusi buku ‘Mengelola Taman Bacaan Masyarakat’ (TBM), terbitan Perpustakaan Kota Yogyakarta. Diskusi ini diikuti oleh segenap anggota Forum TBM se-Kota Yogyakarta, yang mengerucut pada kesimpulan bahwa pengelolaan TBM sesungguhnya sangat menyenangkan, karena tidak perlu harus sekaku seperti pengelolaan perpustakaan.

Triyanta, anggota tim penulis buku menyampaikan, taman bacaan seharusnya menjadi semacam taman yang memiliki aktivitas, dimana buku adalah fasilitasnya. Karena itu 237 TBM di Kota Yogyakarta harus memiliki layanan yang baik, agar diminati masyarakat, meski koleksi bukunya tidak lengkap, dan tidak memiliki prasarana mencukupi. Itu menurutnya adalah salah satu intisari tulisannya di buku tersebut.

“Perpustakaan kadang punya koridor yang kaku. Kalau TBM tidak harus kaku, yang penting. Ibu-ibu sambil berjualan bisa melayani buku. Itu bisa saja, dan itu yang penting, bisa mandiri, dari masyarakat untuk masyarakat,” ujarnya.

Akademisi dan pustakawan dari UIN Sunan Kalijaga Labibah Zain yang membedah buku menyampaikan, ketika koleksi buku di TBM berkembang, dibutuhkan sistem klasifikasi buku secara standar. Ini sudah dijelaskan dalam buku, untuk memudahkan pencarian buku. “Namun yang belum dijelaskan adalah kenapa harus di-klasifikasi. Ini bisa membuat pengelola TBM njlimet dulu,” terangnya.

Ketua Forum TBM DIY Mukshin Khalida dalam kesempatan ini membagikan 100 buku kepada para pengelola TBM di Kota Yogyakarta. Ia menyampaikan, seluruh TBM di empat kabupaten di DIY juga mendapat buku gratis.

“Di kabupaten lain tidak ada anggaran untuk Forum TBM. Di kota ada, hingga ke tingkat kecamatan. Karenanya hanya 100 buku yang kami bagikan di kota, karena anggarannya sudah banyak,” ujarnya.

Sumber: krjogja.com

About these ads

Leave a comment

Filed under Perpustakaan

Silahkan Memberikan pesan / komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s